Rabu, 19 November 2014

Poster Jokowi

Poster Jokowi

   
         Guru saya baru saja memberi sebuah tugas baru. Tentunya para pembaca dari Indonesia mengetahui kejadian baru-baru ini. Yaitu naiknya Jokowi sebagai presiden kita yang ketujuh. Tentunya para pembaca ingat bagaimana Jokowi didukung dan ditentang. Nah, sekarang guru saya pun menyuruh saya untuk membuat sebuah poster mengenai Jokowi. Poster ini, seperti biasa harus didesain menggunakan CorelDraw. Hasil dari poster ini cukup memuaskan (menurut saya).
        Terutama karena saya berhasil mendesain muka Jokowi. Saya juga berhasil mendesain gambar salam tiga jari. Keduanya didesain menggunakan CorelDraw. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana saya membuat poster Jokowi tersebut.
        Pertama-tama saya mencari sebuah foto Jokowi. Namun berbeda dengan sebelum-sebelumnya dimana saya menggunakan gambar semata-mata untuk inspirasi maka penggunaannya kali ini berbeda. Oleh karena yang didesain disini adalah muka seseorang maka teknik mendesainnya harus beda.
         Saya menggunakan muka tersebut untuk diikuti polanya dengan tools yang ada di CorelDraw. Mungkin sebagian orang menganggapnya curang. Namun mendesain menggunakan CorelDraw bahkan dengan cara tersebut tetaplah merupakan metode yang cukup rumit dan membutuhkan waktu. Sama seperti orang yang menggambar muka orang dengan pensil dan kertas.
         Langkah pertama setelah mendapatkan gambar muka Jokowi adalah membuat semacam pola kasar menggunakan line tools. Maksudnya adalah kita membuat garis-garis yang kira-kira dapat mengikuti pola muka Jokowi. Pola-pola tersebut tidak harus persis sama dengan muka Jokowi. Ingat ini hanyalah pola kasar. Adalah tidak mungkin untuk membuat pola yang sama persis dengan gambar aslinya oleh karena sifat garis yang kaku sementara muka seseorang banyak lengkungannya.
          Oleh karena itu saya kemudian menggunakan shape tools untuk mengedit garis-garis kaku tersebut sehingga sesuai dengan pola pada muka Jokowi. Proses ini memakan waktu dan tenaga yang cukup lama. Hal ini disebabkan keterbatasan penggunaantool-tools yang ada tidak seperti menggambar menggunakan tangan kita sendiri.
            Setelah itu, untuk beberapa bagian tertentu saya menggunakan Beziers Tool untuk menggambar bagian-bagian seperti alis dan rambut. Selain itu pastikan ketebalan garis-garis yang ada disesuaikan agar jangan sampai terlalu tipis.
            Untuk tangan saya menggunakan metode yang kira-kira sama. Saya kemudian tinggal menambahkan backgound bendera (juga didesain menggunakan CorelDraw) dan tulisan-tullian. Saya harap tulian saya ini berguna bagi orang-orang yang membacanya.
Hasil akhirnya

2 komentar: