Rabu, 03 September 2014

Gapura Kemerdekaan

                                                                          Gapura Kemerdekaan
    

     Berhubung dengan peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus kemarin, maka saya diberikan tugas oleh guru ekstrakulikuler untuk membuat sebuah gambar. Yaitu gambar sebuah gapura. Gapura tersebut merupakan gapura dalam rangka memeringati ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Oleh karena kelas ekstrakulikuler kami saat ini sedang fokus dalam membuat desain menggunakan CorelDraw. Maka saya pun membuatnya menggunakan Coreldraw.
      Saya membuatnya dengan beberapa tahap. Pertama, saya mencari gambar sebuah gapura. Gambar tersebut saya jadikan inspirasi untuk mendesain gapura. Setelah itu saya mulai memikirkan bentuk gapura yang akan saya desain secara 2 dimensi melalui gambar yang saya dapat dari internet. Setelah itu baru saya mulai mendesain gapura saya.

Gambar sebuah gapura
    Awalnya, saya mengalami banyak kesulitan dalam mendesain gapura tersebut. Kesulitan-kesulitan disebabkan oleh karena pengetahuan saya akan CorelDraw yang sudah agak memudar. Meskipun demikian dengan bantuan guru dan teman-teman saya, maka saya dapat mengerjakan tugas ini dengan cukup baik.
       Saya melakukan banyak kesalahan ketika merancang gapura ini. Salah satu kesalahan saya yang paling menyulitkan saya adalah mendesain menggunakan garis dan shape tools. Ini merupakan kesalahan yang fatal karena hal ini menyebabkan saya tidak dapat memberikan warna pada desain yang saya rancang. Setelah mendapat saran yang baik dari teman dan guru saya maka saya pun mengulangi desain saya dengan cara yang lain.
        Secara mengejutkan, ternyata mengulang desain tersebut tidak membutuhkan waktu lama. Cara yang seharusnya saya pakai adalah menggunakan box tools dan shape tools. Pertama-tama saya membuat beberapa kotak. Beberapa kotak tersebut kemudian diedit agar memiliki kelengkungan dan bentuk yang diinginkan. Sementara kotak-kotak lainnya dibiarkan saja. Untuk puncak gapura saya membuat sebuah kotak besar yang kemudian diedit sedemikian rupa.
          Sementara untuk bagian ujung dari pilar-pilar gapura tersebut saya pertama-tama mendesain kotak-kotak yang sangat kecil. Kemudian saya mengedit kotak-kotak tersebut dan mewarnainya sebelum akhirnya menggabungkannya. Setelah itu saya meng-copy  hasilnya beberap kali. Terakhir saya menggunakan miror tools untuk mengubah arahnya.
    Saya kira bagian lainnya dapat diketahui cara pembuatannya oleh pembaca. Bagian terakhir dari proses ini adalah meng- export desain tersebut menjadi file dengan format JPEG. Saya harap tulisan saya dapat berguna bagi pembacanya.

Hasil Akhirnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar